Keren! Ijen Geopark Lulus Sidang Masuk UNESCO, Jadi Warisan Dunia

Ijen Geopark jadi warisan dunia UNESCO

Visit Bondowoso – Ijen Geopark Bondowoso secara resmi dinyatakan lulus sidang council untuk masuk ke UNESCO Global Geopark (UCG).

Ketua Harian Tim Ijen Geopark Bondwoso, Ahmad Sofyan mengatakan bahwa proses sidang ini tidak mudah karena harus melalui penilaian yang super ketat.

“Ijen Geopark berhasil lulus dalam sidang Council,” katanya saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (20/9/2022).

Sidang council tersebut berlangsung di Thailand dan dihadiri oleh 20 negara anggota UGG dan 73 asesor.

Dalam kesempatan tersebut kata dia, Ijen Geopark berhasil memenuhi persyaratan yang ditentukan hanya dalam satu kali pengajuan dan asesmen.

Adapun persyaratan dimaksud yakni sesuai dengan asesmen yang dilakukan oleh Martina dan Jakob, dua asesor UGG yang datang ke Bondowoso dan Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Yaitu mencakup data dan penilaian lapangan pada Juni 2022 lalu.

“Dari data kita memenuhi persyaratan, sehingga dalam hal ini kita lulus sidang Council,” jelas dia.

Setelah dinyatakan lulus, maka Ijen Geopark tinggal menunggu penetapan resmi menjadi anggota UNESCO Global Geopark (UGG) yang direncanakan pada Maret 2023 mendatang.

Dalam program ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso bekerja sama dengan Pemkab Banyuwangi sebab letak letak Ijen Geopark berada diantaranya.

Bahkan salah satu situs geologis yang didaftarkan masuk UNESCO ada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, yakni Kawah Ijen.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *